Karya Tulis Ilmiah Kerajaan Demak


KARYA TULIS ILMIAH KERAJAAN DEMAK
Sumber: http://www.kopi-ireng.com/2015/04/sejarah-kerajaan-demak.html 
Bab 1
Pendahuluan

1.1 Latar belakang

Kerajaan Demak mulanya merupakan sebuah kadipaten yang berada di bawah kekuasaan dari Kerajaan majapahit. Ketika Kerajaan Majapahit runtuh, Demak  lalu mulai memisahkan diri dari Ibu Kota di Bintoro. Kerajaan Demak merupakan kerajaan islam pertama yang ada di Pulau Jawa. Kerajaan Demak pertama kali didirikan oleh Raden Patah. Kerajaan demak memiliki lokasi yang sangat strategis karena terletak antara pelabuhan bergota dari kerajaan Mataram Kuno dan Jepara, kedua tempat inilah yang telah membuat Demak menjadi kerajaan dengan pengaruh sangat besar di Nusantara.

1.2 Rumusan Masalah
·        Bagaimana sejarah berdirinya Kerajaan Demak ?
·        Bagaimana masa keemasan  Kerajaan Demak ?
·        Bagaimana masa keruntuhan Kerajaan Demak ?

1.3 Tujuan
Tujuan dibuat makalah ini adalah untuk memberi informasi dan wawasan kepada pembaca mengenai sejarah Kerajaan Demak , masa keemasan Kerajaan Demak, masa keruntuhan Kerajaan Demak dan sebagainya.

Bab 2
Pembahasan

1.1  Sejarah Berdirinya Kerajaan Demak

Sumber: http://jagosejarah.blogspot.co.id/2015/09/sejarah-kerajaan-demak.html 


      Berdirinya kerajaan Demak bermula dari misi para muballigh dalam mengislamkan jawa yang kemudian terkenal dg sebutan “ wali songo”. Dalam penyiaran dan perkembangan islam di jawa selanjutnya, para walisongo memusatkan kegiatannya dengan menjadikan kota demak sebagai sentral segala sesuatunya. Atas dukungan walisongo tersebut, terutama atas dasar perintah sunan Ampel, maka raden Patah ditugaskan untuk mengajarkan agama islam dan membuka pesantren di desa glagah wangi. Tidak lama kemudian, desa inii banyak dikunjungi orang. Tidak hanya menjadi pusat ilmu pengetahuan dan agama, tetapi kemudian menjadi pusat perdagangan dan bahkan menjadi pusat kerajaan islam pertama di jawa.
      Kerajan islam pertama ini didirikan oleh raden Patah atas restu dan dukungan para walisongo yang diperkirakan tidak lama setelah keruntuhan kerajaan majapahit yaitu tahun ± 1478 M yang lalu.
Asal kota Demak , ada beberapa pendapat. Antara lain :
1) Menurut prof. Purbotjaroko, Demak berasal dari kata Delemak. Yang artinya tanah yang mengandung air ( rawa)
2) Menurut sholichin salam dalam bukunya “ sekitar walisongo “ menyatakan bahwa prof. Dr.Hamka berpendapat , kota Demak adalah berasal dari bahasa arab “ Dimak” yg artinya air mata . menggambarkan kesulitan dalam menegakkan agam islam pada waktu itu.
3) Menurut prof. R.M. Sutjipto Wiryosuparto, Demak berasal dari bahasa kawi yang artinya pegangan atau pemberian.

1.1  Kejayaan Kerajaan Demak
Sumber: http://www.berpendidikan.com/2015/06/sejarah-kerajaan-demak-lengkap.html 
 

Kerajaan Demak mengalami masa kejayaannya di awal abad ke-16. Pada masa itu Kerajaan Demak telah menjadi kerajaan yang kuat di pulau Jawa. Bahkan tak ada satupun kerajaan lain di pulau Jawa yang mampu menandinginya dalam usahanya memperluas wilayah kekuasaannya. Hal ini dilakukan Kerajaan Demak dengan cara menundukkan beberapa kawasan pelabuhan dan pedalaman di Nusantara. Berdasarkan catatan sejarah, ada 2 pemimpin atau Raja Demak yang telah membawa Demak ke puncak keemasannya. Mereka adalah :
1.     Pati Unus
Saat berada di bawah kekuasaan Pati Unus, Demak menjadi kerajaan yang berwawasan nusantara. Visi besarnya adalah menjadikan Demak sebagai kerajaan maritim yang besar.Di masa kepemimpinannya, Demak pernah merasa terancam dengan pendudukan Portugis di Malaka yang dulu menjadi salah satu wilayah kekuasaan Kerajaan Demak. Saat itu, Pati Unus pun mengirimkan armada lautnya beberapa kali untuk menyerang Portugis di Malaka.
2.      Sultan Trenggana
Sultan Trenggana merupakan Raja Kerajaan Demak yang dikenang jasanya atas penyebaran agama Islam di wilayah Jawa Timur dan Jawa Tengah. Di bawah kekuasaannya, Kerajaan Demak mulai menguasai daerah-daerah Jawa lainnya seperti :
·        Sunda Kelapa dari Kerajaan Pajajaran, serta menghalau tentara Portugis yang akan mendarat di sana
·        Tuban
·        Madiun
·        Surabaya
·        Pasuruan
·        Malang
·        Kerajaan Blambangan, yaitu kerajaan Hindu terakhir di ujung timur pulau Jawa
Sultan Trenggana meninggal pada tahun 1546 dalam sebuah pertempuran menaklukkan Pasuruan, dan kemudian digantikan oleh Sunan Prawoto. Salah seorang panglima perang Demak waktu itu adalah Fatahillah, seorang pemuda asal Pasai, Sumatera, yang juga menjadi menantu Sultan Trenggana. Sementara itu, Maulana Hasanuddin putra Sunan Gunung Jati mendapat perintah dari Sultan Trenggana untuk menundukkan Banten Girang. Sedangkan Sunan Kudus yang merupakan imam di Masjid Demak juga menjadi pemimpin utama dalam penaklukan Kerajaan Majapahit sebelum pindah ke Kudus.
1.1  Runtuhnya Kerajaan Demak
Ada 4 faktor yang menyebabkan runtuhntya Kerajaan Demak, yaitu :
1.     Konflik kekuasaan
Setelah Pati Unus wafat dan tidak memiliki penerus karena tidak memiliki keturunan maka terjadi perebutan tahta kekuasaan antara Trenggono dengan Pangeran Seda Lepen keduanya merupakan anak dari Raden Patah. Trenggono adalah anak dari Istri pertama namun lebih muda usianya sedang Pangeran Seda Lepen adalah anak dari Istri ketiga dan usianya lebih tua. Namun akhirnya kekuasaan jatuh ke tangan Trenggono yang menjadi Raja ketiga Demak. Setelah Sultan Trenggono wafat masih terus terjadi perebutan kekuasaan Kerajaan Demak.
2.     Wilayah Kekuasaan
Masa pemerintahan Kerajaan Demak dikenal dengan daerah maritim karena berkuasa di pesisir pantai sehingga cenderung melupakan wilayah lain khususnya daerah pedalaman yang lama kelamaan mulai terpecah belah.
3.     Pemberontakan karena sistem pemerintahan
Pemberontakan terjadi karena masalah politik yang ada kaitannya dengan para pemimpin setelah pemerintahan Majapahit yang tidak mau tunduk kepada pemerintahan Demak yang baru. Kebanyakan dari mereka telah memeluk agama Islam aliran Syiah.
4.     Pusat pemerintahan pindah ke Pajang
Setelah wafat Sultan Trenggono kembali terjadi perebutan dan pembunuhan untuk mendapatkan tahta kekuasaan Demak Perebutan kekuasaan antara saudara dan penerus tahta, dan polemik berkepanjangan yang akhirnya dimenangkan Jaka Tingkir yang selanjutnya ibukota Demak pindah ke Pajang. Namun kemenangan Jaka Tinggir yang tidak lain berdarah Majapahit merubah sistem pemerintahan dari Maritim menjadi Agraris. 

Bab 3
PENUTUP

KESIMPULAN
Kerajaan ini hanya berumur pendek. Namun, para rajanya merupakan pahlawan-pahlawan mujahid terbaik. Raja pertama mereka adalah Raden Fatah, yang berhasil menjadikan negerinya sebagai sebuah negara independen pada masanya. Setelah itu anaknya, Patih Yunus (Adipati Unus) berkuasa. Dia berhasil mengadakan perluasan wilayah kerajaan. Dia menghilangkan kerajaan Majapahit yang beragama Hindhu, yang pada saat itu sebagian wilayahnya menjalin kerja sama dengan orang-orang Portugis.
Setelah wafatnya Patih Yunus pada tahun 938 H/1531 M, memerintahlah raja paling terkenal dari kerajaan ini yaitu Raden Trenggono (Sultan Trenggana). Dia adalah seorang mujahid besar yang di antara hasil usahanya yang terkenal adalah masuknya Islam ke daerah Jawa Barat. Dia wafat pada tahun 953 H/1546 M.
Kebudayaan yang berkembang di kerajaan Demak bercorak Islam. Hal tersebut tampak dari peninggalan-peninggalan sejarahnya berupa masjid, makam, batu nisan, kitab suci Al-Quran, kaligrafi dan karya sastra. Sampai sekarang pun Demak di kenal sebagai pusat pendidikan agama Islam.

SARAN
          Ayo baca makalah ini karena anda dapat megetahui informasi mengenai sejarah berdirinya Kerajaan Demak, masa keemasan Kerajaan Demak, runtuhnya Kerajaan Demak dan masih banyak lagi. Dan juga bagi para pembaca yang malas membaca tinggal membaca kesimpulannya aja. Jadi bacalah makalah ini.

DAFTAR PUSTAKA              



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Steps in Our Works

Proses kami dalam membuat artikel.
  • 1. Concept

    Membuat perencenaan dengan mempertimbangkan segala hal yang berkaitan dengan artikel kami.

  • 2. PREPARE

    Persiapan segala hal yang akan dibutuhkan dalam artikel kami.

  • 3. RETOUCH

    Proses pembuatan artikel dengan berdasarkan dari perencanaan yang telah dibuat.

  • 4. FINALIZE

    Pemberian sentuhan terakhir yang membuat artikel kami mudah dipahami dan menarik.